Selasa, 09 Februari 2010

Prossesor 8 core IBM

NEW YORK, KOMPAS.com - Kecepatan prosesor IBM semakain kencang saja dengan hadirnya debutan baru, prosesor delapan inti (core) IBM Power7, Senin (8/2/2010) yang akan bersiang dengan produk-produk buatan Hewlett Packard dan Sun Microsystems. Bahkan setiap core sebenarnya sanggup mengeksekusi empat kegiatan - biasa disebut thread - sehingga satu prosesor ini sebenarnya memiliki 32 virtual core.

Terobosan baru uang dilakukan dalam Power 7 adalah kombinasi dua teknologi prosesor buatan IBM, yakni teknologi cip "Power" dengan teknologi cip "Cell". Prosesor berbasis Cell selama ini juga dipakai di berbagai perangkat dari superkomputer Roadrunner di Laboratorium Nasional Los Alamos hingga PlayStation 3.

"Kami mengambil intisari dari program Cell yang membantu proses perhitungan (floating point) dan memasukkannya di inti Power7," ujar Bradley McCredie, anggota Systems and Technology Group IBM, seperti dikutip CNET.

Power7 didesain mendukung pengembangan grid computing, rangkaian komputer untuk melipatgandakan kecepatan proses komputasi. Prosesor ini ditawarkan dalam tiga kelas masing-masing IBM Power 780 untuk server kinerja tinggi moduler yang mendukung hingga 64 core, Power 770 untuk kelas menengah, dan Power 755 untuk kluster komputer kinerja tinggi atau high performance computing cluster (HPCC) dengan 32 core.

Sumber : http://tekno.kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar

music

Automatic Created Playlist by www.autoplaylist.com
Make Your Own Mp3 & Video Playlist at www.autoplaylist.com